Hi, welcome to my blog. Be enjoy read my notes. After read it, please give respons (join, like, or comment) :)

Selasa, 10 Maret 2015

Mawar The Queen Flower

                   Siapa yang tak kenal dengan bunga mawar ? Mawar adalah bunga yang begitu amat cantik dan membuat siapa saja sangat takjub melihat keindahannya. Mawar juga dijadikan lambing seorang wanita. Maka dari itulah sebabnya, sebagai seorang perempuan yang selalu menebar keindahan, kelembutan, ketegasan, dan pandai menjaga dirinya layaknya bunga mawar. Bunga mawar dengan kelopak yang begitu memikat hati namun duri yang terdapat di tangkainya membuat orang –orang untuk enggan memetiknya, itulah kenapa meski kita sebagai seorang perempuan yang diciptakan dengan sejuta keindahan tapi kita tetap harus menjaga keindahan diri kita dari kaum laki laki khususnya.



                     Penulis sendiri adalah pecinta bunga, dan salah satu bunga yang begitu penulis kagumi adalah mawar khususnya mawar merah. Untuk itulah, disini penulis akan membahas meneganai seluk beluk bunga si queen flower dengan nama latin Rosa sp. Kita semua tahu, bahwa peminat dari bungan mawar ini tidaklah sedikit. Warnanya yang begitu amat cantik dan anggun dan aromanya yang begitu harum khas membuat siapapun mengaguminya. Bunga mawar ini terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan menururt habitat (tempat tinggal) tumbuhnya. Diantaranya yakni ada hybrid tea, floribunda, polyantha, grandiflora, serta climbing rose.

                    Bunga mawar berjenis hybrid tea memiliki bunga tunggal, ukurannya lebih besar, susunan bunganya kompak, tangaki bunganya pun panjang, dan banyak digunakan sebagai bunga potong. Bunga mawar jenis floribunda mempunyai tangkai yang agak panjang, bunganya bersatu dalam rangkaian yang cukup besar. Bunga mawar jenis polyantha mempunyai satu rangkaian bunga berukuran kecil. Bunga mawar jenis grandiflora merupakan bunga mawar dengan sifat gabungan hybrid tea dan floribunda dan sering dijadikan sebagai bunga potong. Dan yang terakhir yakni bunga mawar jenis climbing rose adalah bunga mawar rambat dengan ragam ragam bunga tunggal dan rangkap.

              Bunga mawar merupakan jenis tanaman perdu yang mempunyai buah, dengan sistem perakaran tunggang, batang berduri, tinggi tanaman dari 0,3 sampai 0,5 meter. Bunga mawar memilki beragam warna warna indah dan menarik seperti merah, putih, pink, ungu, kuning. Tanaman mawar sangat butuh sinar matahari penuh untuk dapat tumbuh dengan baik. Jika sinar matahari kurang, maka tanaman mawar pertumbuhannya akan terhambat bahkan tidak menghasilkan bunga. Bunga mawar juga membutuhkan suhu 30˚C dan kelembapan udara yakni sekitar 60%-80%. Dan yang perlu kita ketahui, ternyata bunga mawar ini sangat mudah kehilangan air, lho. Untuk itu perlu dilakukan pemanenan bunga mawar pada pagi hari (sebelum matahari terbit).

                Batang dari tanaman ini adalah tegak, bulat, berkayu, dan berwarna hijau keabu-abuan. Daunnya majemuk, lonjong, berseling, panjangnya sekitar 5-10 cm, dengan lebar 1,5-2,5 cm, tepinya bergerigi, ujungnya runcing, pangkalnya merucning, pertulangannya menyirip, tangkai silindris, dan berwarna hijau kebau-abuan. Bunga dari tanaman mawar ini adalah majemuk, bulat, terletak diujung cabang atau batang, panjang tangkai 2,5 cm, kelopak berbentuk lonceng, benang sari bertangkai, kepala sarinya berwarna kuning dan berputik bulat, mahkota bunga halus, banyak mengandung senyawa falvonoid dan polifenol.  


Nah, itulah info mengenai seluk beluk si mawar, The Queen Rose. Bisa kita bayangkan betapa indah halaman rumah kita jika dipenuhi dengan mawar dengan beragam warna. 


0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

© Notes From A Dreamer, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena